031-5944748 [email protected]

Berita

Bimtek bagi Gugus  Penjaminan Mutu Fakultas 

Surabaya, 8 Februari 2003

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Dr. Soetomo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para pengurus Gugus Penjamin Mutu untuk yang kedua kalinya. Bimtek ini dihadiri oleh seluruh GPM dari seluruh Fakultas yang ada di Unitomo untuk menyamakan persepsi tentang pentingnya fungsi GPM di setiap Fakultas.

Pada bimtek ini ketua BPM menjelaskan tentang bagaimana teknis melengkapi dokumen-dokumen standar yang harus ada di tiap Fakultas sebagai acuan untuk penetapan kualitas atau mutu Fakultas hingga teknis sosialisasi standar yang nantinya sudah ditetapkan.

Ketua BPM berharap agar dengan adanya bimtek ini, para pengurus GPM mampu melaksanakan tugas-tugasnya di kemudian hari, yakni untuk merumuskan standar, mengevaluasi, dan melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi. Dengan berpijak pada proses PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan), diharapkan mutu yang unggul pada tiap program studi dapat tercapai sesuai dengan Misi dan Visi Universitas.

 

BENCHMARKING DENGAN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MERDEKA PASURUAN

Ruang Proklamasi  Universitas Dr. Soetomo, 5 Juni 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Badan Penjaminan Mutu Universitas Dr. Soetomo Surabaya menerima tamu dari Lembaga Mutu Universitas Merdeka Pasuruan dan Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasurusan dalam rangka Benchmarking SPMI dan SPME (Lamemba) dilaksanakan pada hari Senen, 5 Juni 2023 di Ruang Proklamasi Gedung A lantai 2. Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Hadi Sugiyanto, MS, selaku Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Dr. Soetomo, seluruh fungsionaris Badan Penjaminan Mutu Universitas Dr. Soetomo, Bapak Drs. Didik Sugeng Widianto, M.I.Kom, Kepala Bagian Akreditasi/AMI, Ibu Ninik Mardiana, SS, M.Pd selaku Kepala Bagian Pengembangan SPMI dan Team Auditor Bapak Haerussaleh, SPd dan Alberta Esti Handayani,SE, Ak, MM.
Dalam kegiatan Benchmarking SPMI dan SPME (LAMEMBA) Drs. Hadi Sugiyanto, MS menjelaskan tentang PPEPP, dokumen SPMI yang ada seperti Kebijakan, Standar, Manual, dan Formulir, serta unsur-unsur pada standar SPMI yang dibuat serta keterkaitan antara standar satu dengan yang lainnya.
Kepala BPM Unitomo melanjutkan bahwa pentingnya pelaksanaan SPMI dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi, terdapat 24 Standar minimum yang harus ada pada perguruan tinggi yang terbagi atas 8 Standar Nasional Pendidikan, 8 Standar Penelitian, dan 8 Standar Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Dr. Soetomo sudah memiliki 32 Standar yang terbagi atas 17 Standar Nasional Pendidikan, 8 Standar Penelitian, 8 Standar Pengabdian, ditambah dengan Standar MBKM.

Setelah Kepala BPM Unitomo menyampaikan materinya maka dilaksanakannya diskusi atau tanya jawab, dalam kesempatan ini ada beberapa pertanyaan yang ada dari Universitas Merdeka Pasuruan seperti metode penomoran standar, pelaksanaan AMI seperti apa, hingga Monev yang dilakukan oleh GJM dan GKM, serta kaitannya dengan instrument Lamemba. Setelah sesi diskusi/tanya jawab selesai maka kegiatan Benchmarking ini ditutup dengan foto bersama.